Paket Pelatihan Manajemen Usaha – SOP

Pelatihan SOP

Pelatihan Manajemen Usaha – Standar Operasional dan Prosedur (SOP) Work Procedure ISO 9000

Perkembangan jumlah usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia memperlihatkan data yang menggembirakan. Menurut BPS tahun 2003, ada sekitar 41,7 juta unit usaha di negara kita. Jumlah ini meningkat tajam menjadi sekitar 50 juta pada tahun 2013. Dari angka itu, jumlah UKM mencapai 99 persen.

Menariknya, dari 99 persen jumlah UKM itu, ternyata 98 persennya merupakan usaha skala mikro dan kecil yang sebagian besar tidak berbadan hukum, Begitu juga sumbangannya dalam memberikan nilai tambah kurang dari 20 persen. Bahkan kontribusi usaha kecil terhadap produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2001 tercatat hanya sebesar 58,2 persen.

Ada banyak masalah yang melingkupi kualitas UKM di Indonesia. Banyak UKM yang tidak memiliki legalitas hukum. Usaha kecil umumnya bersifat informal, sangat lentur terhadap perubahan, mudah mengalami out and entry, dan bergerak pada jenis usaha yang sangat beragam.

Problematika yang dihadapi usaha kecil secara garis besar bisa dikelompokkan dalam dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berkaitan dengan kemampuan atau kapasitas dari pelaku usaha kecil itu sendiri dan faktor eksternal menyangkut tantangan dari luar yang kurang kondusif dan semakin kompetitif.

Masalah internal yang cukup mendasar dialami UKM diantaranya kelemahan dalam pengelolaan usaha, baik masalah pengelolaan administrasi, proses produksi, hingga pengelolaan tenaga kerjanya yang tidak jelas. Administrasi keuangan juga tumpang tindih antara keuangan usaha dengan keuangan pribadi.

Kelemahan dalam pengelolaan organisasi dari UKM sebenarnya cukup kompleks karena juga berkaitan dengan masalah sumber daya manusia, lemahnya pemasaran dan memasarkan produk-produknya, serta keterbatasan modal maupun lemahnya akses UKM terhadap lembaga keuangan dan perbankan.

Kelemahan faktor internal ini semakin diperlemah dengan faktor eksternal dimana konsumen seringkali menekan dengan memberlakukan sistim pembayaran mundur terhadap barang yang dipesan kepada pelaku UKM. Para pengusaha besar yang menerima pasokan produk dari UKM tak jarang juga menerapkan cara serupa dalam sistim pembayarannya. Padahal, UKM harus membeli bahan baku dan bahan pendukung lainnya secara tunai. Belum lagi aspek persaingan diantara pelaku UKM sendiri maupun dengan pengusaha besar yang makin kompetitif saja.

Karena itu setelah mengikuti Pelatihan Manajemen Usaha – SOP Work Procedure ISO 9000 ini peserta diharapkan lebih memahami persoalan yang dihadapi dan memperbaiki kualitas dirinya agar lebih siap dalam bersaing dan mengembangkan usahanya.

SASARAN

Pelaku UKM, Calon Pengusaha, Produsen

TOPIK / MATERI

  1. Membangun Motivasi Kewirausahaan
  2. Pengadaan Barang
  3. Penerimaan Pesanan
  4. Penerimaan Karyawan
  5. pengelolaan Keuangan
  6. Produksi, Penyimpanan, dan Ekspor Produk
  7. Dokumentasi
  8. Penerapan 5 R
  9. Penerapan Lay out Produksi
  10. Pembelian Bahan Baku
  11. Tata Cara Dan Dokumen Penerimaan Pesanan
  12. Penjualan Hasil Produksi
  13. Mekanisme Complain Dan Claim
  14. Tata Cara Penyimpanan
  15. Tata Cara Ekspor dan Pengiriman Barang
  16. Proses Produksi
  17. Tata Cara Pengelolaan Keuangan
  18. Kode File dan Dokumen

LAMA WAKTU PELATIHAN

3 Hari atau 18 jam Efektif

FORMAT PELATIHAN

Kami menawarkan bentuk pelatihan dengan cara mengundang tim kami datang ke lokasi Anda. Dengan cara ini Anda bebas menghimpun berapapun jumlah peserta pelatihan yang akan diikutsertakan. Namun sebaiknya jumlah peserta dalam 1 kelas/paket tidak lebih dari 30 orang.

BIAYA PELATIHAN

Biaya atau investasi pelatihan dengan mengundang kami adalah sebesar Rp 18.000.000 per paket. Biaya ini belum termasuk tiket pesawat, akomodasi, dan makan tim kami (3 orang) selama pelatihan berlangsung.

FASILITAS

Materi Pelatihan dalam Bentuk Softcopy/Hardcopy, Bahan Dasar yang Diperlukan, Sertifikat

METODE PELATIHAN

Presentasi, Diskusi, Case Study, Simulasi, Evaluasi

TRAINER

  • ARIF ROHIMAN – Eksportir, Trainer, Konsultan, dan Motivator yang Sering Diundang Berbagai BUMN dan Perusahaan Nasional dan Multinasional
  • DWI HENRY SETIAWAN – Pengusaha, Eksportir, Praktisi
  • YUSUF CK ARIANTO – Jurnalis, Penulis, Web Developer

KEUNGGULAN KAMI

Metode dan cara kami memberikan pelatihan berbeda dengan lembaga pelatihan lainnya. Selain materinya yang praktis dan mudah diaplikasikan, kami pun siap memberikan konsultasi dan pendampingan pasca pelatihan secara gratis (free) tanpa dipungut biaya tambahan.

Leave a Reply