Pendaftaran Kartu Pra Kerja Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Caranya!

Pendaftaran kartu pra kerja secara resmi telah dibuka oleh pemerintah. Bagi masyarakat yang berminat mendapatkan kartu prakerja bisa mendaftarkan diri melalui situs resminya yaitu www.prakerja.go.id. Namun sebelumnya sebaiknya ketahui persyaratan yang dibutuhkan maupun cara pendaftarannya.

Menurut keterangan pemerintah yang disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bahwa untuk tahap awal pemerintah hanya menyediakan jatah sebanyak 164.000 orang saja. Untuk tahap awal ini hanya dibuka dari tanggal 11 hingga 16 April 2020.

Sedangkan untuk tahap selanjutnya, pemerintah akan membuka pendaftaran setiap satu pekan. Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti pendaftaran kartu pra kerja tahap kedua bisa melakukannya dari tanggal 16 April 2020 setelah pukul 16.00 WIB.

Sedangkan bagi masyarakat yang lolos dalam pendaftaran tahap pertama akan diumumkan Jumat, tanggal 17 April 2020. Begitu juga pengumuman hasil pendaftaran kartu pra kerja tahap kedua akan diumumkan seminggu kemudian. Bagi peserta yang lolos dalam seleksi akan segera mengikuti pelatihan kerja secara online sesuai bidang yang diingikan.

cara daftar Kartu Pra Kerja

Sedangkan untuk peserta yang gagal pada pendaftaran tahap awal masih diberikan kesempatan untuk melakukan pendaftaran lagi. Namun mereka harus membuat akun baru. Meskipun begitu mereka tidak perlu mengulang prosesnya dari awal. Untuk informasi selanjutnya bisa dilihat di situs resminya.

Persyaratan untuk Mendapatkan Kartu Pra Kerja

Buat masyarakat yang ingin mengikuti pendaftaran program pemerintah ini berikut ini persyaratan Kartu Pra Kerja yang sebaiknya disiapkan sebelum melakukan pendaftaran.

Baca juga: Pelatihan Ekspor

Syarat mendapatkan Kartu Pra-Kerja:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berumur minimal 18 tahun (pada saat mendaftar)
  3. Tidak sedang mengikuti program pendidikan atau pelatihan formal

Sedangkan dokumen yang harus disiapkan sebelum mendaftar secara online meliputi

  1. NIK atau Nomor Induk Kependudukan sesuai KTP beserta data pribadi yang lengkap.
  2. Nomor HP atau telepon yang aktif
  3. Email yang masih aktif

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Untuk bisa memperoleh Kartu Prakerja dari pemerintah setiap peminat harus melakukan pendaftaran secara online melalui website resmi pemerintah yaitu www.prakerja.go.id,

Nah, berikut ini cara membuat akun kartu pra kerja melalui pendaftaran online yang harus dilakukan:

  1. Pertama masukkan alamat email atau nomor ponsel (yang aktif).
  2. Setelah itu klik tombol daftar
  3. Kemudian pilih menu cara atau metode verifikasi.
  4. Setelah itu masukan kode verifikasi Anda terima, baik melalui email atau dalam bentuk SMS ke HP.
  5. Setelah memasukkan kode verifikasi maka proses pendaftaran sudah berhasil dilakukan dan Anda memiliki akun Kartu Prakerja.

Tahapan untuk Mendaftarkan Akun Kartu Pra Kerja

Setelah berhasil membuat akun Kartu Pra Kerja, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri untuk memilih pelatihan yang diinginkan. Berikut langkahnya.

  1. Kunjungi laman www.prakerja.goi.id dan login dengan akun yang telah didaftarkan sebelumnya. Kemudian klik menu daftar Kartu Pra Kerja
  2. Selanjutnya tinggal lengkapi formulir pendaftaran yang disediakan.
  3. Setelah itu tekan aatau klik menu SELANJUTNYA.
  4. Pada tahp ini Anda harus mengisi tes kemampuan dasar yang disediakan.
  5. Setelah selesai tekan atau klik SELESAI.
  6. Setelah itu anda akan menerima notifikasi yang dikirimkan pemerintah melalui email akun yang terdaftar. Anda tinggal memeriksa status pendaftaran Kartu PraKerja dengan menekan menu Cek Status Pendaftaran.

Demikianlah informasi tentang pendaftaran kartu pra kerja beserta syarat yang harus disiapkan dan cara daftarnya. Segera lakukan pendaftaran agar tidak terlambat karena besarnya minat masyarakat mengikuti program ini.